MY STARBUCKS IDEA
STARBUCKS
IDEA
Sejarah
Starbucks
Howard Schultz
meluncurkan my starbucks idea di tahun 2008 untuk membantu
meningkatkan fokus perusahaan pada pelanggan dan apa yang mereka
inginkan.
Perusahaan berusaha untuk menandingi kedai kopi dengan pengalaman
barista online dengan melibatkan pelanggan dan membangun hubungan.
Pada my starbucks idea , Starbucks memberi wawasan kepada pelanggan
tentang apa yang dilakukan perusahaan dan membuat mereka merasa seperti
orang dalam.
Setelah ide diajukan, perusahaan tersebut memiliki tim Mitra Ide yang membaca semua gagasan. Tim kemudian mengambil kombinasi yang paling populer (berdasarkan suara publik di situs web) dan gagasan inovatif dan menghadirkan mereka kepada pengambil keputusan utama di perusahaan untuk mengetahui bagaimana menerapkan gagasan tersebut.
Ide Starbucks saya sukses luar biasa dan telah menjadi sumber gagasan seperti Cake Pops, Hazelnut Macchiato, dan Wi-Fi gratis untuk beberapa nama. Pada peringatan lima tahun peluncuran situs ini (2013), My Starbucks Idea telah menghasilkan lebih dari 150.000 ide dan perusahaan telah menerapkan 277 gagasan tersebut.
Setelah ide diajukan, perusahaan tersebut memiliki tim Mitra Ide yang membaca semua gagasan. Tim kemudian mengambil kombinasi yang paling populer (berdasarkan suara publik di situs web) dan gagasan inovatif dan menghadirkan mereka kepada pengambil keputusan utama di perusahaan untuk mengetahui bagaimana menerapkan gagasan tersebut.
Ide Starbucks saya sukses luar biasa dan telah menjadi sumber gagasan seperti Cake Pops, Hazelnut Macchiato, dan Wi-Fi gratis untuk beberapa nama. Pada peringatan lima tahun peluncuran situs ini (2013), My Starbucks Idea telah menghasilkan lebih dari 150.000 ide dan perusahaan telah menerapkan 277 gagasan tersebut.
Latar
Belakang Implementasi Starbucks
STARBUCKS
Coffee merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perkopian. Nama
besar Starbucks telah menjadi jaminan terhadap produk-produk yang dihasilkan.
Tujuan utamanya adalah menjadikan starbucks sebagai tempat ketiga bagi
pengunjungnya. Tempat ketiga selain rumah dan tempat beraktifitas. Keberadaan
Starbucks tidak diragukan lagi, karena starbucks telah memiliki citra yang
mantap dan mendunia.
Prinsip
pertama “Make it Your Own” berbasis pembahasan tentang job satisfaction atau
kepuasan karyawan dalam pekerjaannya. Dalam organisasi Starbucks, proses
terciptanya pengalaman menyenangkan yang dialami pelanggan ternyata diawali
dengan bagaimana Starbucks berhasil menyenangkan pihak internalnya terlebih
dahulu. Atasan yang mendengarkan saran bawahan, pengakuan dan pujian dari siapa
saja dalam organisasi, sistem reward yang baik kesemuanya itu menciptakan
suasana bekerja yang kondusif dan rasa memiliki yang tinggi. Create the
difference through great employees.
Prinsip
kedua “Everything Matters”menganut kaidah manajemen operasi, yaitu pengendalian
mutu di setiap aspek, sekecil apapun aspek tersebut. Mungkin tidak semua detail
dirasakan oleh pelanggan, tetapi dalam prosesnya, dikatakan bahwa konsistensi
dan persiapan untuk menjadikan pengalaman Starbucks selalu prima diuraikan
disini. Bagaimana kebersihan kedai selalu terjaga, kenyamanan atmosfirnya, rasa
dan penyajian kopi yang konsisten, sampai ke hal-hal kecil seperti penyediaan
tissue daur ulang. Ini salah satu yang luar biasa dari Starbucks. Pada umumnya
pimpinan perusahaan terlalu fokus pada hal-hal tertentu tetapi melalaikan hal
lainnya.
Prinsip
ketiga “Surprise and Delight” tidak lain adalah manajemen customer
satisfaction, bagaimana menyenangkan pelanggan, lebih dari yang diharapkannya.
Kesenangan pelanggan perlu diciptakan, bukan saja dari keseharian yang sudah
rutin, tetapi juga dengan kejutan-kejutan tertentu yang bersifat spontan.
Prinsip
keempat “Embrace Resistance” tentang organisasi yang mudah menerima masukan
sekecil apapun dari pihak manapun. Kritik bukanlah sesuatu yang harus dihindari
tetapi perlu disikapi. Dari contoh-contoh kasus yang ditulis dalam buku ini,
banyak inspirasi bagaimana perusahaan harus bersikap terbuka terhadap kritik.
Prinsip
yang terakhir “Leave Your Mark” menguraikan bagaimana Starbucks tidak hanya
fokus membesarkan bisnisnya saja, tetapi juga turut peduli membangun komunitas
di sekitarnya. Ini kurang lebih sama dengan prinsip corporate social responsibility
(CSR) yang sekarang sedang marak dibahas dan dilakukan oleh perusahaan.
Meskipun tidak ada ilmu manajemen baru yang diuraikan
dalam starbucks, yang berkesan dalam satrbucks adalah kita mendapatkan contoh
organisasi yang menerapkan mampu kelima prinsip ini secara bersamaan dan
integral. Kombinasi dari empowerment, entrepreneurship, quality dan services
itulah yang dikatakan telah mengubah hal biasa menjadi luar biasa bagi
Starbucks.
1. Menghargai partisipasi:
Dengan benar-benar menerapkan gagasan tidak peduli seberapa besar atau
kecilnya, Starbucks memberi insentif kepada pelanggan untuk menyampaikan
gagasan dan terlibat dengan situs web.
Selain itu, transparansi yang dibangun di dalam situs web, dengan
bagian yang didedikasikan untuk gagasan yang telah direkomendasikan
kepada pengambil keputusan utama dan status terkini dari proyek-proyek
tersebut, menambahkan rasa percaya bahwa gagasan tersebut tidak hanya
dikirim ke sebuah kotak hitam.
2. Penciptaan nilai : Starbucks menciptakan nilai bagi pelanggan dengan membiarkan mereka menyuarakan gagasan mereka dan membantu menciptakan pengalaman rumah kopi yang lebih baik. Konsumen sering merasa seperti pendapat masing-masing tidak masalah saat berhadapan dengan organisasi besar. Dengan Ide Starbucks Saya, pelanggan merasa seperti suara mereka didengar dan mereka dapat memberi dampak pada masa depan organisasi, entah itu produk baru, pengalaman di dalam toko, atau keterlibatan perusahaan di masyarakat.
3. Nilai tangkapan : Saya melihat dua bentuk tangkapan nilai dengan Ide Starbucks Saya. Satu, Starbucks bisa menyesuaikan diri dengan apa yang diinginkan pelanggan dan menciptakan pertunangan dan kesetiaan. Dua, perusahaan dapat membantu memacu inovasi dalam sebuah organisasi besar. Perusahaan yang sudah mapan telah berusaha memberi insentif kepada intrapreneurship untuk menciptakan produk inovatif dan tetap relevan pada saat start-up mengganggu industri mapan.
my strarbucks idea terus memiliki potensi yang luar biasa untuk membentuk cara Starbucks berkembang dari waktu ke waktu sambil mempertahankan fokus pelanggannya. Situs crowdsourcing membantu perusahaan tetap menerima kebutuhan pelanggan sementara juga membantu mendorong inovasi mesin di dalam perusahaan.
2. Penciptaan nilai : Starbucks menciptakan nilai bagi pelanggan dengan membiarkan mereka menyuarakan gagasan mereka dan membantu menciptakan pengalaman rumah kopi yang lebih baik. Konsumen sering merasa seperti pendapat masing-masing tidak masalah saat berhadapan dengan organisasi besar. Dengan Ide Starbucks Saya, pelanggan merasa seperti suara mereka didengar dan mereka dapat memberi dampak pada masa depan organisasi, entah itu produk baru, pengalaman di dalam toko, atau keterlibatan perusahaan di masyarakat.
3. Nilai tangkapan : Saya melihat dua bentuk tangkapan nilai dengan Ide Starbucks Saya. Satu, Starbucks bisa menyesuaikan diri dengan apa yang diinginkan pelanggan dan menciptakan pertunangan dan kesetiaan. Dua, perusahaan dapat membantu memacu inovasi dalam sebuah organisasi besar. Perusahaan yang sudah mapan telah berusaha memberi insentif kepada intrapreneurship untuk menciptakan produk inovatif dan tetap relevan pada saat start-up mengganggu industri mapan.
my strarbucks idea terus memiliki potensi yang luar biasa untuk membentuk cara Starbucks berkembang dari waktu ke waktu sambil mempertahankan fokus pelanggannya. Situs crowdsourcing membantu perusahaan tetap menerima kebutuhan pelanggan sementara juga membantu mendorong inovasi mesin di dalam perusahaan.
Pada
dasarnya Starbucks bertujuan Untuk:
- Menetapkan bahwa keuntungan bagi masyarakat dan lingkungan itu hal yang penting bagi keberhasilan di masa yang akan datang.
- Memberikan kontribusi yang positif untuk masyarakat dan lingkungan hidup.
- Memahami tentang masalah lingkungan hidup dan berbagi informasi dengan mitra usaha
- Menciptakan solusi yang inovatif dan fleksible dalam menghadapi perubahan.
- Memahami tanggung jawab itu sebagai hal yang penting untuk lingkungan hidup
- Menanamkan tanggung jawab lingkungan hidup sebagai nilai dasar perusahaan.
- Mengukur dan memonitor kemajuan setiap proyek terhadap dampak kepada lingkungan hidup.
- Mendorong seluruh mitra untuk ikut serta dalam memperjuangkan misinya.
- Melakukan usaha yang bermanfaat untuk lingkungan dan saling menghargai dan memuliakan sesama mahkluk.
- Menjadikan keaneka ragaman atau perbedaan sebagai hal yang sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan.
- Menetapkan standar yang tinggi dalam pembelian, proses produksi dan pengiriman produknya
- Meningkatkan kepuasan pelanggan.
Starbuck menyediakan jalur personal tetapi justru
sangat mengguntungkan bagi starbuck, dengan mengkhususkan komunitas diskusi
yang sebenarnya menjadi saran menilai market dan customer secara tidak
langsung. Aktivasi My starback Idea yang merupakan jejaring sosial yang memang
sengaja dibuat oleh My Starckbuck memungkinkan customer dilibatkan dan dimintai
ide dan apapun perihal segala yang berhubungan dengan starbuck.
Starbuck
idea yaitu sarana ajang berdiskusi dan berpendapat, fitur sederhan yang
memungkinkan customer menyatakan opininya perihal segala produk starbuck.
Memang smart idenya, tanpa terasa segala apa yang ada di pikirkan customer di
kolaborasikan dengan indah oleh starbuck. Bahkan tidak jrang customer yang
menyatakan kepuasan dan merasa terispiransi dengan aroma kopi starbuck.
Customer merasa idenya ditanggapi, merasa bahwa mereka berharga dan di pandang
penting oleh idola makanan mereka starback copr.
Tampilan
Website Starbucks Yang Simple Dan Elegan Tampilan Menu Coffee
Kita bisa mencari jenis coffee mana yang kita inginkan
TAMPILAN MENU
Disini
kita juga bisa melihat menu – menu apa yang ditawarkan oleh starbucks seperti
drinks, food, nutrition.
TAMPILAN COFFEEHOUSE
Di
starbucks juga menyediakan coffeehouse di website mereka, kita bisa melihat
music” orang terkenal, kemudian ada starbucks store, kemudian store design, dan
satrbucks digital network.
TAMPILAN STARBUCKS RESPONSIBILITY
Kita
bisa melihat values goals progress dari satrbucks
TAMPILAN CARD
Disini
kita bisa membeli voucher atau starbucks card, dan kita juga bisa mengatur atau
mengecek point reward kita di satrbucks.
TAMPILAN SHOP
Disini
kita bisa membeli kartu starbucks, kemudian membeli coffe bubuk starbuck, Tea,
marchandise.
Fitur
Yang Di Lakukan Di Starbuck Idea
1. Starbuck idea bekerja sama dengan Apple.
Starbucks setuju bekerja sama
dengan Apple untuk berkolaborasi dalam penjualan musik sebagai bagian dari
pengalaman Starbucks. Pada bulan Oktober 2006, Apple menambahkan fitur
Starbucks Entertainment ke iTunes Store, menjual musik yang diputar di
kedai-kedai Starbucks. Pada September 2007, Apple mengumumkan bahwa para
pelanggan bisa menelusuri iTunes Store di Starbucks menggunakan Wi-Fi di
Amerika Serikat (tanpa perlu masuk log ke jaringan Wi-Fi), dan dikhususkan pada
pengguna iPhone, iPod touch, iPad, dan MacBook. iTunes Store secara otomatis
akan mendeteksi lagu yang saat itu diputar di Starbucks dan menawarkan pengguna
kesempatan mengunduhnya. Aplikasi Starbucks tersedia di iPhone App Store.
2. Starbuck idea bekerja sama dengan
Microsoft Outlook.
Microsoft menambah sebuah fitur dalam
Microsoft Outlook. Fitur ini memungkinkan pengguna Outlook merencanakan rapat
atau pertemuan bisnis di gerai kopi Starbucks.
Fitur
yang diberi nama Meet at Starbucks atau bertemu di Starbucks itu memungkinkan
pengguna Outlook mengirim pesan elektronik undangan rapat atau pertemuan di
gerai kopi tersebut. Dalam e-mail undangan tersebut, pengguna dapat
memilih langsung lokasi tempat pertemuan atau rapat di gerai Starbucks
terdekat, seperti dilansir Engadget.com, Outlook akan langsung memuat peta lokasi
gerai Starbuck terdekat dan memasukkan lokasi tersebut dalam pesan elektronik
yang dikirimkan kepada klien, kerabat, ataupun rekan bisnis. Fitur ini juga
bisa langsung menghubungkan Outlook ke aplikasi ponsel Starbucks untuk
memudahkan proses pemesanan kopi lebih awal. Fitur tambahan ini bisa diperoleh
pengguna Outlook dengan membuka aka.ms/getcoffee.
Cara Starbuck
Menanggapi Ide Customer
Tindakan
dari para fans ini akan di tindak lanjuti oleh manajemen dengan memaparkan
dalam situswebnya apa saja yang di lakuka oleh manajemen terhadap saran dan
kritik yang masuk, jadi bukan hanya sekedar di tampung, namun starbuck juga
sangat menghargai masukan para komunitas yang ada, dengan mempublikasikan para
situsweb yang ada periode. Cukup mengagumkan ide yang kreatif dalam
memanfaatkan komunitas pecinta kopi gaya hidup starbuck.
Salah
satu konsep Co Creation adalah mendengarkan apa yang diinginkan pelanggan di
dalam produk dan jasa organisasi termasuk ospek deliverinya. Sehingga
bersama-sama dengan pelanggan menciptakan Co Creation value bagi mereka.
Manfaat Dan
Kunci Sukses Penerapan Online Branding Oleh Starbuck
Adanya
My Starbuck idea sebagai online community merupakan media bagi Starbuck untk
belajar. Ide yang masuk tidak hanya produk kopi dan espresso, tetapi juga
produk lainya yaitu makanan, merchandise, penggunaan teknogi baru misalnya
adanya wifi. Dengan menerima ide-ide di luar dari kopi, menunjukan bahwa
starbuck mau tidak mau juga harus membuka diri pada produk lain selain kopi.
Seperti
yang sudah dikemukakan sebelumnya, bahwa Starbuck menjadi perusahaan paling
sukses dapan penerapan online brandingnya. Alasan utama mengapa Starbuck bisa
sangat sukses dalam melakukan online branding karena, Starbuck tidak hanya
melihat media online hanya semata-mata sebagai alat untuk iklan dan
meningkatkan penjualan, namun juga sebagai sarana untuk berinteraksi dengan
para pelangganya. Dengan begitu pesan dari iklan yang ditampilkan oleh starbuck
di media sosial maupun websitenya akan lebih dapat di terima dengan baik oleh
para pelanggannya. Dengan memanfaatkan interaksi dengan para pelangganya,
setarbuck dapat meningkatkan penjualan dan juga membuat brand mereka lebih
dikenal atau di ketahui banyak orang.
Ide Yang Di
Terapkan Di Starback Seperti Merombak Sebuah Makan
Meskipun
identik dengan kopi, tentu saja pelanggan juga butuh maknan sebagai teman
minuman. Selama ini Starbuck bukanya tidak mempunyai menu makanan, tapi menurut
Howard, beberapa orang mengatakan makanan kami tidak jauh lebih baik dari kardus.
Hal
ini lalu membuat Starbuck mengakui sisi La Boulange untuk memperbaiki sajian
makanan yang mungkin akan lebih baik. Pasalnya, makanan dari La Boulange Bakery
dikenal mempunyai reputasi yang cukup baik dari kawasan San Francisco.
Pelajaranya
adalah, tidak hanya produk utama anda yang wajib diinovasikan, tapi juga menu
tambahahn, seperti beberapa hal yang dapat mempengarui kenyamanan pelanggan.
Komentar
Posting Komentar