MY STARBUCKS IDEA

STARBUCKS IDEA
Sejarah Starbucks
          Howard Schultz  meluncurkan my starbucks idea di tahun 2008 untuk membantu meningkatkan fokus perusahaan pada pelanggan dan apa yang mereka inginkan. Perusahaan berusaha untuk menandingi kedai kopi dengan pengalaman barista online dengan melibatkan pelanggan dan membangun hubungan. Pada my starbucks idea , Starbucks memberi wawasan kepada pelanggan tentang apa yang dilakukan perusahaan dan membuat mereka merasa seperti orang dalam.

             Setelah ide diajukan, perusahaan tersebut memiliki tim Mitra Ide yang membaca semua gagasan. Tim kemudian mengambil kombinasi yang paling populer (berdasarkan suara publik di situs web) dan gagasan inovatif dan menghadirkan mereka kepada pengambil keputusan utama di perusahaan untuk mengetahui bagaimana menerapkan gagasan tersebut.
Ide Starbucks saya sukses luar biasa dan telah menjadi sumber gagasan seperti Cake Pops, Hazelnut Macchiato, dan Wi-Fi gratis untuk beberapa nama. Pada peringatan lima tahun peluncuran situs ini (2013), My Starbucks Idea telah menghasilkan lebih dari 150.000 ide dan perusahaan telah menerapkan 277 gagasan tersebut.
         
Latar Belakang Implementasi Starbucks
            STARBUCKS Coffee merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perkopian. Nama besar Starbucks telah menjadi jaminan terhadap produk-produk yang dihasilkan. Tujuan utamanya adalah menjadikan starbucks sebagai tempat ketiga bagi pengunjungnya. Tempat ketiga selain rumah dan tempat beraktifitas. Keberadaan Starbucks tidak diragukan lagi, karena starbucks telah memiliki citra yang mantap dan mendunia.
        Prinsip pertama “Make it Your Own” berbasis pembahasan tentang job satisfaction atau kepuasan karyawan dalam pekerjaannya. Dalam organisasi Starbucks, proses terciptanya pengalaman menyenangkan yang dialami pelanggan ternyata diawali dengan bagaimana Starbucks berhasil menyenangkan pihak internalnya terlebih dahulu. Atasan yang mendengarkan saran bawahan, pengakuan dan pujian dari siapa saja dalam organisasi, sistem reward yang baik kesemuanya itu menciptakan suasana bekerja yang kondusif dan rasa memiliki yang tinggi. Create the difference through great employees.

           Prinsip kedua “Everything Matters”menganut kaidah manajemen operasi, yaitu pengendalian mutu di setiap aspek, sekecil apapun aspek tersebut. Mungkin tidak semua detail dirasakan oleh pelanggan, tetapi dalam prosesnya, dikatakan bahwa konsistensi dan persiapan untuk menjadikan pengalaman Starbucks selalu prima diuraikan disini. Bagaimana kebersihan kedai selalu terjaga, kenyamanan atmosfirnya, rasa dan penyajian kopi yang konsisten, sampai ke hal-hal kecil seperti penyediaan tissue daur ulang. Ini salah satu yang luar biasa dari Starbucks. Pada umumnya pimpinan perusahaan terlalu fokus pada hal-hal tertentu tetapi melalaikan hal lainnya.
            Prinsip ketiga “Surprise and Delight” tidak lain adalah manajemen customer satisfaction, bagaimana menyenangkan pelanggan, lebih dari yang diharapkannya. Kesenangan pelanggan perlu diciptakan, bukan saja dari keseharian yang sudah rutin, tetapi juga dengan kejutan-kejutan tertentu yang bersifat spontan.
            Prinsip keempat “Embrace Resistance” tentang organisasi yang mudah menerima masukan sekecil apapun dari pihak manapun. Kritik bukanlah sesuatu yang harus dihindari tetapi perlu disikapi. Dari contoh-contoh kasus yang ditulis dalam buku ini, banyak inspirasi bagaimana perusahaan harus bersikap terbuka terhadap kritik.

            Prinsip yang terakhir “Leave Your Mark” menguraikan bagaimana Starbucks tidak hanya fokus membesarkan bisnisnya saja, tetapi juga turut peduli membangun komunitas di sekitarnya. Ini kurang lebih sama dengan prinsip corporate social responsibility (CSR) yang sekarang sedang marak dibahas dan dilakukan oleh perusahaan.
Meskipun tidak ada ilmu manajemen baru yang diuraikan dalam starbucks, yang berkesan dalam satrbucks adalah kita mendapatkan contoh organisasi yang menerapkan mampu kelima prinsip ini secara bersamaan dan integral. Kombinasi dari empowerment, entrepreneurship, quality dan services itulah yang dikatakan telah mengubah hal biasa menjadi luar biasa bagi Starbucks.
1. Menghargai partisipasi: Dengan benar-benar menerapkan gagasan tidak peduli seberapa besar atau kecilnya, Starbucks memberi insentif kepada pelanggan untuk menyampaikan gagasan dan terlibat dengan situs web. Selain itu, transparansi yang dibangun di dalam situs web, dengan bagian yang didedikasikan untuk gagasan yang telah direkomendasikan kepada pengambil keputusan utama dan status terkini dari proyek-proyek tersebut, menambahkan rasa percaya bahwa gagasan tersebut tidak hanya dikirim ke sebuah kotak hitam.
 
2. Penciptaan nilai : Starbucks menciptakan nilai bagi pelanggan dengan membiarkan mereka menyuarakan gagasan mereka dan membantu menciptakan pengalaman rumah kopi yang lebih baik. Konsumen sering merasa seperti pendapat masing-masing tidak masalah saat berhadapan dengan organisasi besar. Dengan Ide Starbucks Saya, pelanggan merasa seperti suara mereka didengar dan mereka dapat memberi dampak pada masa depan organisasi, entah itu produk baru, pengalaman di dalam toko, atau keterlibatan perusahaan di masyarakat.
 
3. Nilai tangkapan : Saya melihat dua bentuk tangkapan nilai dengan Ide Starbucks Saya. Satu, Starbucks bisa menyesuaikan diri dengan apa yang diinginkan pelanggan dan menciptakan pertunangan dan kesetiaan. Dua, perusahaan dapat membantu memacu inovasi dalam sebuah organisasi besar. Perusahaan yang sudah mapan telah berusaha memberi insentif kepada intrapreneurship untuk menciptakan produk inovatif dan tetap relevan pada saat start-up mengganggu industri mapan.
 
  my strarbucks idea terus memiliki potensi yang luar biasa untuk membentuk cara Starbucks berkembang dari waktu ke waktu sambil mempertahankan fokus pelanggannya. Situs crowdsourcing membantu perusahaan tetap menerima kebutuhan pelanggan sementara juga membantu mendorong inovasi mesin di dalam perusahaan.
 
Pada dasarnya Starbucks bertujuan Untuk:

  1. Menetapkan bahwa keuntungan bagi masyarakat dan lingkungan itu hal yang  penting bagi keberhasilan di masa yang akan datang.
  2. Memberikan kontribusi yang positif untuk masyarakat dan lingkungan hidup.
  3. Memahami tentang masalah lingkungan hidup dan berbagi informasi dengan mitra usaha
  4. Menciptakan solusi yang inovatif dan fleksible dalam menghadapi perubahan.
  5. Memahami tanggung jawab itu sebagai hal yang penting untuk lingkungan hidup
  6. Menanamkan tanggung jawab lingkungan hidup sebagai nilai dasar  perusahaan.
  7. Mengukur dan memonitor kemajuan setiap proyek terhadap dampak kepada lingkungan hidup.
  8. Mendorong seluruh mitra untuk ikut serta dalam memperjuangkan misinya.
  9. Melakukan usaha yang bermanfaat untuk lingkungan dan saling menghargai dan memuliakan sesama mahkluk.
  10. Menjadikan keaneka ragaman atau perbedaan sebagai hal yang sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan.
  11. Menetapkan standar yang tinggi dalam pembelian, proses produksi dan  pengiriman produknya
  12. Meningkatkan kepuasan pelanggan.
Analisa Kegunaan My Starback Idea bagi kemajuan bisnis Starbuck
              Starbuck menyediakan jalur personal tetapi justru sangat mengguntungkan bagi starbuck, dengan mengkhususkan komunitas diskusi yang sebenarnya menjadi saran menilai market dan customer secara tidak langsung. Aktivasi My starback Idea yang merupakan jejaring sosial yang memang sengaja dibuat oleh My Starckbuck memungkinkan customer dilibatkan dan dimintai ide dan apapun perihal segala yang berhubungan dengan starbuck.
        Starbuck idea yaitu sarana ajang berdiskusi dan berpendapat, fitur sederhan yang memungkinkan customer menyatakan opininya perihal segala produk starbuck. Memang smart idenya, tanpa terasa segala apa yang ada di pikirkan customer di kolaborasikan dengan indah oleh starbuck. Bahkan tidak jrang customer yang menyatakan kepuasan dan merasa terispiransi dengan aroma kopi starbuck. Customer merasa idenya ditanggapi, merasa bahwa mereka berharga dan di pandang penting oleh idola makanan mereka starback copr.

Tampilan Website Starbucks Yang Simple Dan Elegan Tampilan Menu Coffee
Kita bisa mencari jenis coffee mana yang kita inginkan
TAMPILAN MENU
            Disini kita juga bisa melihat menu – menu apa yang ditawarkan oleh starbucks seperti drinks, food, nutrition. 
TAMPILAN COFFEEHOUSE
            Di starbucks juga menyediakan coffeehouse di website mereka, kita bisa melihat music” orang terkenal, kemudian ada starbucks store, kemudian store design, dan satrbucks digital network.
TAMPILAN STARBUCKS RESPONSIBILITY
            Kita bisa melihat values goals progress dari satrbucks
TAMPILAN CARD 
            Disini kita bisa membeli voucher atau starbucks card, dan kita juga bisa mengatur atau mengecek point reward kita di satrbucks. 
TAMPILAN SHOP
            Disini kita bisa membeli kartu starbucks, kemudian membeli coffe bubuk starbuck, Tea, marchandise.
Fitur Yang Di Lakukan Di Starbuck Idea
1.         Starbuck idea bekerja sama dengan Apple.


                         Starbucks setuju bekerja sama dengan Apple untuk berkolaborasi dalam penjualan musik sebagai bagian dari pengalaman Starbucks. Pada bulan Oktober 2006, Apple menambahkan fitur Starbucks Entertainment ke iTunes Store, menjual musik yang diputar di kedai-kedai Starbucks. Pada September 2007, Apple mengumumkan bahwa para pelanggan bisa menelusuri iTunes Store di Starbucks menggunakan Wi-Fi di Amerika Serikat (tanpa perlu masuk log ke jaringan Wi-Fi), dan dikhususkan pada pengguna iPhone, iPod touch, iPad, dan MacBook. iTunes Store secara otomatis akan mendeteksi lagu yang saat itu diputar di Starbucks dan menawarkan pengguna kesempatan mengunduhnya. Aplikasi Starbucks tersedia di iPhone App Store.
2.           Starbuck idea bekerja sama dengan Microsoft Outlook.
        Microsoft menambah sebuah fitur dalam Microsoft Outlook. Fitur ini memungkinkan pengguna Outlook merencanakan rapat atau pertemuan bisnis di gerai kopi Starbucks.
          Fitur yang diberi nama Meet at Starbucks atau bertemu di Starbucks itu memungkinkan pengguna Outlook mengirim pesan elektronik undangan rapat atau pertemuan di gerai kopi tersebut. Dalam e-mail undangan tersebut, pengguna dapat memilih langsung lokasi tempat pertemuan atau rapat di gerai Starbucks terdekat, seperti dilansir Engadget.com, Outlook akan langsung memuat peta lokasi gerai Starbuck terdekat dan memasukkan    lokasi tersebut dalam pesan elektronik yang dikirimkan kepada klien, kerabat, ataupun rekan bisnis. Fitur ini juga bisa langsung menghubungkan Outlook ke aplikasi ponsel Starbucks untuk memudahkan proses pemesanan kopi lebih awal. Fitur tambahan ini bisa diperoleh pengguna Outlook dengan membuka aka.ms/getcoffee.
Cara Starbuck Menanggapi Ide Customer
            Tindakan dari para fans ini akan di tindak lanjuti oleh manajemen dengan memaparkan dalam situswebnya apa saja yang di lakuka oleh manajemen terhadap saran dan kritik yang masuk, jadi bukan hanya sekedar di tampung, namun starbuck juga sangat menghargai masukan para komunitas yang ada, dengan mempublikasikan para situsweb yang ada periode. Cukup mengagumkan ide yang kreatif dalam memanfaatkan komunitas pecinta kopi gaya hidup starbuck.
            Salah satu konsep Co Creation adalah mendengarkan apa yang diinginkan pelanggan di dalam produk dan jasa organisasi termasuk ospek deliverinya. Sehingga bersama-sama dengan pelanggan menciptakan Co Creation value bagi mereka.
Manfaat Dan Kunci Sukses Penerapan Online Branding Oleh Starbuck
            Adanya My Starbuck idea sebagai online community merupakan media bagi Starbuck untk belajar. Ide yang masuk tidak hanya produk kopi dan espresso, tetapi juga produk lainya yaitu makanan, merchandise, penggunaan teknogi baru misalnya adanya wifi. Dengan menerima ide-ide di luar dari kopi, menunjukan bahwa starbuck mau tidak mau juga harus membuka diri pada produk lain selain kopi.
            Seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya, bahwa Starbuck menjadi perusahaan paling sukses dapan penerapan online brandingnya. Alasan utama mengapa Starbuck bisa sangat sukses dalam melakukan online branding karena, Starbuck tidak hanya melihat media online hanya semata-mata sebagai alat untuk iklan dan meningkatkan penjualan, namun juga sebagai sarana untuk berinteraksi dengan para pelangganya. Dengan begitu pesan dari iklan yang ditampilkan oleh starbuck di media sosial maupun websitenya akan lebih dapat di terima dengan baik oleh para pelanggannya. Dengan memanfaatkan interaksi dengan para pelangganya, setarbuck dapat meningkatkan penjualan dan juga membuat brand mereka lebih dikenal atau di ketahui banyak orang.
Ide Yang Di Terapkan Di Starback Seperti Merombak Sebuah Makan
      Meskipun identik dengan kopi, tentu saja pelanggan juga butuh maknan sebagai teman minuman. Selama ini Starbuck bukanya tidak mempunyai menu makanan, tapi menurut Howard, beberapa orang mengatakan makanan kami tidak jauh lebih baik dari kardus.
       Hal ini lalu membuat Starbuck mengakui sisi La Boulange untuk memperbaiki sajian makanan yang mungkin akan lebih baik. Pasalnya, makanan dari La Boulange Bakery dikenal mempunyai reputasi yang cukup baik dari kawasan San Francisco.
       Pelajaranya adalah, tidak hanya produk utama anda yang wajib diinovasikan, tapi juga menu tambahahn, seperti beberapa hal yang dapat mempengarui kenyamanan pelanggan.

Komentar